4 Kelebihan MATLAB yang Wajib Kalian Ketahui

Admin
0

Seiring dengan meningkatnya kompleksitas data dan semakin berkembangnya algoritma di era modern, kebutuhan akan representasi intuitif terhadap data dan algoritma tersebut juga semakin meningkat.

Menampilkan hasil pengolahan data secara visual tidak hanya efektif namun dapat meningkatkan minat pembaca dari data yang ditampilkan tersebut. Kemampuan  untuk menampilkan data dapat membantu pembaca menjadi lebih paham mengenai karakteristik data, tahapan observasi, serta kesimpulan dari permasalahan yang ditampilkan secara cepat. 

Lalu, mengapa MATLAB?

1. Mudah Digunakan

MATLAB adalah bahasa pemograman level tinggi yang terinterpretasi. Artinya, MATLAB didesain bagi siapa saja bahkan termasuk pengguna yang  tidak memiliki pengalaman meng-koding. Untuk dapat menggunakan MATLAB, Anda hanya perlu memikirkan ide dan alur algoritma yang akan diimplementasikan. Sisanya, Anda hanya seperti mencatat ide tersebut di MATLAB.

Source : www.compsuccess.com

2. Beroperasi Diberbagai Sistem Operasi

MATLAB adalah platform yang didukung dan dapat beroperasi pada berbagai sistem operasi yang memiliki karakteristik berbeda-beda seperti Windows, Macintosh, Linux, maupun Unix. Selain itu, MATLAB juga bersifat cross-platform sehingga kodingan MATLAB yang dibuat pada Windows dapat juga dijalankan pada sistem operasi lainnya.

Source : www.abmysql.com/

3. Kemudahan Dalam Mem-Plot Grafik

MATLAB, tidak seperti bahasa pemograman lain, memiliki fitur plot yang sudah terintegrasi didalamnya. Sebagai perbandingan, bahasa pemograman Python tidak dilengkapi langsung oleh fitur plot sehingga pengguna harus menambahkan modul plotter seperti pyplot dan sejenisnya. Selain itu, hasil plot ataupun gambar dapat ditampilkan pada platform MATLAB lain yang diinstall pada sistem operasi berbeda. Kemampuan ini menjadikan MATLAB salah satu tool yang powerful untuk visualisasi data.
Source : www.mathworks.com

4. Memiliki Fitur dan Kapabilitas yang Sangat Lengkap

Selain memiliki fitur plot grafik yang lengkap, MATLAB juga didukung oleh lebih dari 100 toolbox (lihat list toolbox disini) untuk keperluan processing sederhana hingga tingkat lanjut. Toolbox-toolbox ini merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi MATLAB yang memiliki kegunaan pada bidang yang serupa. Toolbox-toolbox tersebut pada dasarnya dapat dipilih saat instalasi sehingga pengguna tidak harus menginstall toolbox yang menurutnya tidak diperlukan. 

Source : www.mathworks.com

Setelah melihat penjelasan diatas, sepertinya MATLAB merupakan salah satu tool yang wajib ada bagi kalian yang bekerja dibidang riset ataupun sebagai akademia. Setuju ?

Jangan lupa tuliskan pendapat kalian di kolom komentar. Like dan share postingan ini untuk mendukung kami. 
Terima kasih. 

Tags

Post a Comment

0Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

Disclaimer : Content provided on this page is for general informational purposes only. We make no representation or warranty of any kind, express or implied, regarding the accuracy, adequacy, validity, reliability, availability or completeness of any information.

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top