Apa Cakupan Pekerjaan dari Fisikawan Medis?

Admin
0

Tulisan dalam bentuk MS Word dapat didownload di sini.

Menurut asosiasi fisikawan medis resmi AAPM (American Association of Physicist in Medicine), bidang kegiatan dari fisikawan medis terdiri atas 3 hal yaitu : layanan klinis dan konsultasi, penelitian dan pengembangan, dan pengajaran. Idealnya, dipandang dari segi waktu yang diluangkan, seharusnya fisikawan medis bisa membagi rata untuk ketiga kegiatan tersebut. 

Mari kita bahas satu persatu untuk ketiga poin yang disebutkan diatas.

1. Pelayanan Klinis dan Konsultasi

Banyak fisikawan medis yang terlibat aktif dengan tanggung jawab di bidang diagnosa dan pengobatan atau bahkan berinteraksi dengan pasien pada keadaan tertentu. Di departemen onkologi radiasi, salah satu contoh paling umum adalah perencanaan treatmen radiasi untuk pasien kanker yang menggunakan radiasi sinar eksternal atau sumber radioaktif internal. dari hasil diskusi ini  diharapkan agar fisikawan medis mampu memberikan saran  tentang teknik radiasi maupun sumber radiasi yang digunakan dalam terapi kanker. Dalam spesialisasi pengobatan nuklir, fisikawan berkolaborasi dengan dokter dalam pemanfaatan radionuklida untuk mencitrakan organ dalam dan menentukan variabel fisiologis yang krusial seperti tingkat metabolisme dan aliran darah. harapan lainnya, adanya fisikawan medis dharapkan mampu melakukan penyelidikan kinerja peralatan, pengorganisasian pengendalian kualitas dalam sistem pencitraan, perancangan instalasi radiasi, dan pengendalian bahaya radiasi. Ahli fisika medis diminta untuk memberikan saran dan sumber daya klinis dan ilmiah untuk memecahkan banyak masalah fisik yang beragam yang muncul terus-menerus di banyak bidang medis.

Tulisan dalam bentuk MS Word dapat didownload di sini.


2. Penelitian dan Pengembangan

Fisikawan medis memainkan peranan penting dan sering memimpin di tim penelitian medis. Kegiatan mereka mencakup wilayah yang luas, termasuk di bidang penelitian kanker, penyakit jantung, dan penyakit jiwa. Pada bidang kanker, mereka bekerja terutama pada isu-isu yang melibatkan radiasi, seperti mekanisme dasar perubahan biologis setelah penyinaran, penerapan mesin radiasi energi tinggi untuk perawatan pasien, serta pengembangan teknik baru untuk pengukuran radiasi yang tepat. Perkembangan komputer yang signifikan juga memberikan ruang baru bagi fisikawan medis untuk melakukan perhitungan dosis lebih akurat serta memungkinkan untuk melakukan perawatan pasien dari tampilan video secara jarak jauh. Pada penyakit jantung, fisikawan medis bekerja pada pengukuran aliran darah dan oksigen. Dalam penyakit jiwa, mereka bekerja dengan melakukan pendataan, mengkorelasi, serta melakukan interpretasi potensi bioelectrik.

Fisikawan medis juga melakukan penelitian tentang kepentingan medis secara umum, termasuk penerapan komputer digital dalam kedokteran dan penerapan teori informasi terhadap permasalahan diagnosa; memproses, menyimpan, dan mengambil gambar medis; mengukur jumlah radioaktivitas dalam tubuh manusia dan bahan makanan; dan mempelajari distribusi anatomis dan temporal zat radioaktif dalam tubuh.

Fisikawan medis juga terlibat dalam pengembangan instrumentasi dan teknologi baru untuk digunakan dalam radiologi diagnostik. Termasuk didalamnya penggunaan perangkat penyimpanan magnetik dan elektro-optik untuk memanipulasi gambar sinar-x, analisis kuantitatif dari gambar statis dan dinamis menggunakan teknik komputer digital, metode radiasi untuk analisis karakteristik dan komposisi jaringan, dan area baru yang menarik. dari komputerisasi tomografi dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk menampilkan gambar penampang anatomi tubuh secara rinci. Selain itu, fisikawan medis juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan mengenai prosedur pencitraan yang menggunakan sumber inframerah dan ultrasonik

Tulisan dalam bentuk MS Word dapat didownload di sini.

3. Pengajaran

Seringkali fisikawan medis juga berkarir di dunia pendidikan dengan menjadi pengajar (dosen) di  perguruan tinggi. Umumnya mereka dilibatkan dalam melatih calon fisikawan medis masa depan, mahasiswa kedokteran, dan teknolog yang mengoperasikan berbagai jenis peralatan untuk keperluan terapi dan diagnosa. Mereka juga menyampaikan perkuliahan yang berkaitan tentang fisika kedokteran maupun aspek biofisika dan radiobiologi untuk berbagai mahasiswa pascasarjana dan sarjana. 

Artikel ini hasil alih bahasa halaman sumber resmi AAPM.

Tulisan dalam bentuk MS Word dapat didownload di sini.

Post a Comment

0Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

Disclaimer : Content provided on this page is for general informational purposes only. We make no representation or warranty of any kind, express or implied, regarding the accuracy, adequacy, validity, reliability, availability or completeness of any information.

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top